15 February 20190 Komentar | Dilihat : 131 kali
Ditulis oleh admin

soko.tubankab.go.id - Dalam rangka persiapan pelaksanaan pelayanan yang berbasis IT di tingkat desa se Kecamatan Soko, maka pada Jum’at 15/2 Pemerintah Kecamatan Soko mengadakan Bimbingan Teknis persiapan pelaksaan pelayanan online kepada Sekretaris Desa, Kasi Pelayanan dan Operator Siak Desa se Kecamatan Soko yang bertempat di Pendopo Kecamatan Soko.

Tujuan diadakannya bimbingan teknis pertama  adalah untuk mengetahui sejauhmana kesiapan Pemerintah Desa dalam pelaksanaan pelayanan yang berbasi IT baik kesiapan SDM maupun sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk mendukung  kegiatan  tersebut. Yang kedua untuk memudahkan dan mendekatkan  masyarakat dalam mengurus serta memperoleh pelayanan yang dibutuhkan.

Ruang lingkup pelaksanaan pelayanan di Desa dan Kecamatan yang berbasis elektronik/IT untuk sementara masih terbatas pada pelayanan administrasi kependudukan (misalnya pengurusan KTP-El, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, Akte Kematian, KIA, Pindah Tempat), sedangkan untuk perekaman KTP-El  pemohon tetap harus datang sendiri di Kantor Kecamatan. Namun demikian kedepan harapannya semua pelayanan yang dibutuhkan masyarakat dapat dilayani secara online tidak terbatas pada pelayanan administrasi kependudukan saja.

Selanjutnya untuk mendukung dan merealisasikan program tersebut dibutuhkan komitmen dari semua pihak baik aparatur yang melayani maupun warga masyarakat yang membutuhkan pelayanan. Aparatur pemerintah desa sebagai pelayan masyarakat ditingkat bawah harus mampu menjabarkan tugas pokok dan fungsinya dalam memberikan pelayanan, sehingga apa yang dibutuhkan masyarakat dapat terpenuhi sesuai  yang diharapkan.Kasi Pelayanan Desa dalam hal ini mempunyai andil serta peran yang penting dalam mewujudkan program ini disamping operator SIAK Desa.

Meskipun nantinya pelayanan secara online cukup di desa, namun demikian masyarakat tetap bisa mengakses layanan secara manual dengan datang langsung ke Kecamatan maupun ke Kabupaten. (mas/sk)

comments powered by Disqus