14 February 20190 Komentar | Dilihat : 171 kali
Ditulis oleh admin

Soko.tubankab.go.id - Dalam rangka melaksanaan peran Camat dalam pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan desa, maka Pemerintah Kecamatan Soko secara rutin dan berkesinambungan mengadakan kegiatan rapat koordinasi antara Kepala Desa dengan Forkopimka dan instansi vertikal lainnya yang dikemas dalam Konferensi Kepala Desa yang dilaksanakan setiap bulan secara anjangsana,

Dalam hal penyelenggaraan pembinaan dan pengawasan pemerintahan desa Camat mempunyai peranan yang sangat penting, karena dalam hirarki pemerintahan kecamatan merupakan salah satu lembaga supra desa, yang mana salah satu tugasnya adalah melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pemerintahan desa/kelurahan dalam rangka tertib administrasi pemerintahan.

Dalam bulan Pebruari tahun 2019  ini pelaksanaan Konferensi Kepala Desa se Kecamatan Soko dilaksanakan di Desa Glagahsari yang dihadiri oleh Camat, Danramil, Kapolsek dan Pimpinan Instansi, UPT dan Koordinator se Kecamatan Soko serta Babinsa dan Babin Kamtibmas.

Dalam kegiatan yang sudah diagendakan setiap bulan tersebut diharapkan dapat menjadi ajang interaksi secara langsung antara Kepala Desa dengan Forkopimka dan Instansi lainnya dalam menyampaikan informasi di tingkat Kecamatan maupun sebaliknya.

Dalam sambutannya Suwito, SH selaku Camat Soko selalu menekankan kepada Kepala Desa untuk selalu mermberikan dan meningkatkan  pelayanan kepada masyarakat secara optimal sehingga dapat terwujud kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh, seperti pelaksanaan Bansos PKH, BPNT agar betul betul didata dengan cermat dan obyektif sehingga penerima manfaat  tersebut sesuai sasaran.

Disamping itu juga menekankan pentingnya tertib administrasi dalam pemerintahan desa, baik dalam proses pengelolaan keuangan desa yang wajib berpedoman dengan regulasi atau aturan yang berlaku mulai perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan sampai dengan pelaporan atau pertanggungjawaban.

Dalam rapat tersebut juga disampaikan tentang tahapan tahapan pelaksanaan kegiatan pemerintahan  desa tahun 2019, seperti pembentukan BPD, persiapan pelaksanaan pemilihan kepala desa, dimana pemerintah desa mempunyai kewajiban untuk memfasilitasi pelaksanaan kegiatan tersebut. (mas/sk)

comments powered by Disqus